CIRI-CIRI ANAK CERDAS, PINTAR DAN BERBAKAT SEJAK BALITA



CIRI-CIRI ANAK CERDAS, PINTAR DAN BERBAKAT SEJAK BAYI (BALITA/ KECIL)


CIRI-CIRI ANAK CERDAS, PINTAR DAN BERBAKAT SEJAK BALITA

Ciri-Ciri Anak Cerdas Dan Berbakat Sejak Balita (Bayi)Semua Orang tua pasti menginginkan anaknya cerdas dan berbakat ? segala usaha dan cara akan dilakukan untuk membuat putra/putrinya menjadi anak yang cerdas, pintar dan berbakat untuk masa depannya. Namun beruntunglah sebagian orang tua yang anaknya mempunyai bakat dari bawaan lahir sebagai anak yang mempunyai otak yang cerdas.
Anak bisa dikatakan jenius ataupun berbakat jika sudah memasuki usia sekolah, hal itu memang benar. Namun, perlu kita ketahui tentang keceradasan anak tersebut mulai dini. Nah, ada beberapa ciri-ciri atau tanda - tanda sejak bayi / balita yang dapat menunjukkan apakah anak Anda mempunyai kecerdasan yang tinggi.
Pada dasarnya kecerdasan seorang anak sudah bisa terlihat sejak usia dini dari sikap dan perilakunya. Namun sayangnya kebanyakan orangtua tidak menyadari hal tersebut sehingga mengukur kecerdasan anak dilakukan hanya ketika sudah memasuki tahap sekolah.
Dengan mengetahui ciri-ciri anak cerdas yang bisa Ibu perhatikan kepada si kecil bisa membuat evaluasi terhadap perkembangan anak. Jika perkembangannya ada yang dirasa lambat maka dengan mudah Ibu bisa memberikan stimulasi yang tepat sesuai dengan kebutuhannya.  Selain itu dengan evaluasi terhadap perkembangan anak, Ibu juga bisa memberikan arahan yang lebih spesifik sehingga si anak akan tumbuh sesuai dengan potensi kecerdasan yang dimilikinya.

Di mata setiap orangtua, anak-anak mereka adalah anak cerdas dan jenius. Bagaimana tidak, setiap hari rasanya ada saja perkembangan kemampuan yang dimiliki anak. Entah itu dalam berbicara, menggambar, bernyanyi, atau mengutak-atik gadget.


Beberapa Ciri-ciri / tanda-tanda di usia dini yang bisa menunjukkan apakah si kecil memiliki kecerdasan tinggi. Anak yang berusia 2 sampai 4 tahun atau balita mungkin saja merupakan seorang anak yang berbakat apabila menunjukkan tanda-tanda seperti dibawah ini. Berikut ciri-ciri anak cerdas dan berbakat sejak balita :

1.        Talenta
Anak yang berbakat dan cerdas memiliki kombinasi talenta khusus, misalnya saja kemampuan artistik dengan fisika/matematika yang baik. Misalnya saja, anak mampu menggambar sesuatu dengan sangat jelas atau bisa mengingat angka dengan mudah.

2.        Selalu ingin tahu
Jangan malas menjawab atau bahkan memarahinya, ika si kecil banyak bertanya, karena ini adalah salah satu ciri anak cerdas, yakni selalu igin tahu akan segala hal. Maka dari itu sebagai orang tua yang bijak, Ibu harus menjawab pertanyaan si kecil dengan benar dan bijak, agar rasa keingintahuan si kecil bisa tersalurkan dengan baik.

3.        Daya ingat yang kuat
Ciri anak cerdas yakni dapat mengingat sesuatu dengan baik sejak mereka kecil. Sebagai contoh, anak umur dua tahun mampu mengingat dan menceritakan kembali kejadian sejak dia umur 18 bulan.

4.        Mempunyai imajinasi yang jelas
Anak usia balita yang cerdas dan berbakat Mempunyai imajinasi yang jelas. Biasanya anak berbakat sering menciptakan teman imajiner.

5.        Sangat aktif
Anak yang cerdas dikenal sangat aktif, dan memiliki perbedaan yang cukup signifikan dari anak yang lainya. Namun sebelumnya, Ibu harus bisa membedakan seperti apa anak yang hiperaktif dan anak yang aktif. Perbedaan ini bisa terlihat jelas, karena biasanya anak aktif lebih sabar dan gemar dengan banyak gerakan yang dilakukan fisik, sedangkan anak hiperaktif cenderung agresif, tidak bisa diam, dan tidak fokus.

6.        Percaya Diri
Percaya diri merupakan ciri anak cerdas yang membuat diri si kecil menjadi menonjol di antara teman-temannya. Si kecil tidak lagi merasa minder atau malu berada di lingkungan baru. Serta berani mengutarakan yang ada di pikirannya dan merasa yakin dengan lingkungan sekitarnya. Dalam hal ini yang perlu Ibu lakukan adalah memberikan dukungan untuk bakat yang digemari oleh anak.

7.        Berpikir selangkah lebih maju
Berbeda dengan anak pada umumnya, si kecil seringkali berpikir selangkah lebih maju misalnya ingin mempelajari sesuatu yang baru. Hal ini menunjukkan salah satu ciri anak cerdas yang terdapat dalam diri si kecil.

8.        Kemampuan Bahasa
Kemampuan bahasa yang sangat baik, misalnya mampu berbicara dalam kalimat lengkap lebih awal dibanding teman sebayanya. Balita yang mampu berbicara pada usia dini mungkin tidak termasuk dalam tanda-tanda berbakat. Tetapi jika si kecil Anda mampu menggunakan kosakata dan kalimat yang maju, maka ia memang cerdas seperti yang Anda pikirkan. Misalnya, menurut NAGC, jika anak pada usia dua tahun umumnya membuat kalimat, “Ada Anjing.” Maka anak dua tahun yang berbakat akan mampu membuat kalimat yang panjang. Seperti, “Ada anjing coklat di taman belakang dan dia mengendus bunga kita.”

9.        Kemampuan Mendengarkan Orang Lain
Jika anak Anda adalah balita yang cerdas, ia akan mampu memahami dan mendengar orang lain sejak usia dini hingga dewasa tanpa diminta. Mereka umumnya balita yang tidak banyak bicara. Jadi pepatah Tong Kosong Nyaring Bunyinya adalah benar

10.    Berani
Jika si kecil mempunyai keberanian untuk mencoba hal-hal yang baru, Ibu tidak perlu khawatir karena hal tersebut merupakan salah satu bentuk perkembangan kecerdasan seorang anak. Dengan rasa percaya diri dan berpikir maju tersebut, anak tentu akan menjadi lebih berani untuk menunjukkan prestasi dan kemampuannya. Anak yang berani akan lebih cepat untuk maju karena tidak membatasi dirinya untuk mencoba sesuatu yang baru.

11.    Memahami Sesuatu yang Kompleks
Balita yang memiliki kecerdasan tinggi mempunyai kemampuan untuk memahami sesuatu yang kompleks, peduli terhadap hubungan dan berpikir secara abstrak. Mereka mampu memahami masalah secara dalam dan memikirkan pemecahannya.

12.    Kreatif
Anak cerdas memiliki kreativitas yang tinggi. Si kecil mampu mengutak-atik kemampuan berpikirnya. Ketika anak memiliki permasalahan maka ia akan dapat mencari solusi untuk memecahkan permasalahannya. Contoh sederhana, ketika ia mulai membongkar mainan puzzlenya meski sesulit apapun dia akan tetap menyelesaikan susunan puzzlenya dengan bentuk yang sedemikian rupa. Selain kreatif, hal ini juga menunjukkan bahwa si kecil sudah mampu bertanggung jawab dan bisa menemukan solusi dari masalah yang dihadapinya.

Demikian tentang beberapa tanda tanda untuk mengetahui apakah anak anda tergolong cerdas atau tidak, tetapi jangan kecil harapa jika putra putri anda asih belum terlihat tanda-tanda atau ciri-ciri diatas, teruslah berusaha agar anak anda menjadi anak yang cerdas. Salam Berbagi Ilmu Pegetahuan.

No comments:

Post a Comment

P3K Tahap 3

https://youtu.be/dmcjx-zTSCQ