Artikel : Pengaruh Keunggulan Lokasi terhadap Kegiatan Komunikasi



Artikel : Pengaruh Keunggulan Lokasi terhadap Kegiatan Komunikasi
 


Pengaruh Keunggulan Lokasi terhadap Kegiatan Komunikasi - Bagaimana Pengaruh Lokasi terhadap Kegiatan Komunikasi masyarakat di Indonesia. Komunikasi tidak lepas hubungannya dengan interaksi sosial. Interaksi sosial terjadi karena adanya komunikasi. Kegiatan transportasi seperti merupakan salah satu bentuk interaksi dan komunikasi masyarakat Indonesia. dari pertanyaan tersebut yaitu bagaimana pengaruh lokasi Indonesia terhadap kegiatan komunikasi masyarakat. Pada artikel kali ini kita akan mempelajari bagaimana pengaruh keunggulan lokasi terhadap cara berkomunikasi masyarakat Indonesia, dan pengaruh keunggulan lokasi terhadap perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi di Indonesia.

Manusia selain sebagai makhluk individu, manusia juga disebut sebagai makhluk sosial. Artinya manusia memiliki kebutuhan dan kemampuan serta kebiasaan untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan manusia yang lain. Manusia melakukan komunikasi karena manusia memerlukan interaksi. Komunikasi dan interaksi selalu terjadi bersamaan. Komunikasi adalah proses penyampaian ide, gagasan, pikiran atau perasaan oleh seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang-lambang yang bermakna bagi kedua pihak.
Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak yang berkomunikasi. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi dapat juga dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik anggota badan, atau sering disebut menggunakan bahasa tubuh (body language), seperti menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi nonverbal.
Lokasi Indonesia berpengaruh terhadap cara berkomunikasi masyarakat. Masyarakat Indonesia di berbagai daerah memiki kemajemukan dalam berbahasa. Misalnya di Pulau Sumatra kamu menemukan bahasa Aceh, bahasa Batak, bahasa Minang, bahasa Melayu, dan bahasa Lampung. Di Pulau Jawa kamu menemukan dua bahasa yang paling berpengaruh yakni bahasa Sunda dan bahasa Jawa. Begitu juga di daerah lain di Indonesia kamu akan menemukan bahasa Banjar di Kalimantan, bahasa Bali, dan berbagai bahasa di Papua, Maluku, bahasa Sulawesi, dan sebagainya.
Dalam hubungan dan pergaulan kesehari-hariannya manusia selalu melakukan komunikasi. Tanpa komunikasi atau bahkan komunikasi yang dilakukan sepihak saja akan dapat menyebabkan timbulnya prasangka-pransangka negatif yang bermuara pada miskomunikasi dan dengan sendirinya interaksi yang dilakukan tidak dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan. Komunikasi yang baik dan efektif akan terjadi apabila dilakukan dengan timbal balik antara dua orang atau lebih, masing-masing berperan sebagai komunikator (penyampai pesan) dan penerima pesan. Pada artikel kali ini, saya akan mencoba membahas tentang pengaruh keunggulan lokasi terhadap kegiatan komunikasi. 

Pengertian Komunikasi 
Komunikasi adalah adalah proses pengiriman dan penerimaan pesan atau informasi antara dua individu atau lebih dengan efektif sehingga dapat dipahami dengan mudah. Istilah komunikasi dalam bahasa inggris disebut communication, yang berasal dari kata communication atau communis yang memiliki arti sama atau sama yang memiliki makna pengertian bersama. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau berita dari dua orang atau lebih agar pesan yang dimaksud dapat dipahami.
Penjelasan dari pengertian komunikasi diatas adalah proses penyampaian ide, gagasan, pikiran atau perasaan oleh seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang-lambang yang bermakna bagi kedua pihak. Komunikasi dapat dilakukan dengan lisan/verbal dan dapat pula dilakukan dengan non verbal/bahasa tubuh, seperti tersenyum, menggeleng, melambai, dan sebagainya yang menggunakan gerak-gerik anggota tubuh. Komunikasi dan interaksi selalu dilakukan secara bersama-sama. Karenanya cara berkomunikasi hendaknya diperhatikan dengan baik, terutama bahasa-bahasa tadi haruslah dapat dipahami oleh teman bicara kita. Disamping interaksi, berkomunikasi juga dipengaruhi oleh lokasi tempat tinggal. 
Pengaruh Keunggulan Lokasi terhadap Komunikasi
Dalam keseharian kita pasti melakukan interaksi dengan orang lain. Dalam melakukan interaksi kita selalu melakukan komunikasi.Manusia melakukan komunikasi karena manusia memerlukan interaksi. Komunikasi dan interaksi selalu terjadi bersamaan.Komunikasi adalah proses penyampaian ide, gagasan, pikiran atau perasaan oleh seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang-lambang yang bermakna bagi kedua pihak. 
Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak yang berkomunikasi. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi dapat juga dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik anggota badan, atau sering disebut menggunakan bahasa tubuh (body language), seperti menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi nonverbal.
Lokasi Indonesia berpengaruh terhadap cara berkomunikasi masyarakat. Masyarakat Indonesia di berbagai daerah memiki kemajemukan dalam berbahasa.   Kita dapat menemukan berbagai bahasa dalam setiap daerah di Indonesia.
Variasi lokasi daerah di Indonesia yang meliputi banyak pulau dan tempat tinggal yang berpencar juga berpengaruh terhadap cara berkomunikasi masyarakat Indonesia. Untuk melakukan komunikasi langsung, masyarakat mengalami banyak kesulitan atau kendala karena keterbatasan waktu dan tenaga. Karena itu masyarakat menggunakan teknologi sebagai sarana untuk memperlancar komunikasi tersebut.
Kemajuan ilmu dan teknologi mendorong ditemukannya berbagai alat komunikasi yang lebih maju. Penggunaan simbol, gambar, dan tulisan merupakan bentuk baru cara berkomunikasi masyarakat Indonesia. Lokasi Indonesia yang penduduknya berjauhan, tidak mungkin selalu melakukan komunikasi secara langsung. Pesan lisan yang dititipkan orang lain, juga sering berubah ketika sampai pada penerima pesan. Pesan tertulis merupakan cara berkomunikasi yang telah lama digunakan masyarakat Indonesia sampai saat ini.

Pengaruh Keunggulan Lokasi terhadap Cara Berkomunikasi
Lokasi Indonesia yang meliputi banyak pulau dan tempat tinggal yang berpencar juga   berpengaruh terhadap cara berkomunikasi masyarakat. Setiap daerah memiliki kemajemukan bahasa masing-masing. Hal ini dapat kita lihat dengan beragamnya bahasa daerah di Indonesia. Di Jawa ada bahasa Jawa, di Jawa Barat menggunakan bahasa Sunda, di Lombok ada bahasa Sasak, bahasa Banjar di Kalimantan, bahasa Bali, bahasa Papua, Sumatra, Sulawesi, dan sebagainya. Semua bahasa daerah yang berbeda ini kemudian diikat oleh bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia, sehingga tidak terjadi kesulitan dalam berkomunikasi antar masyarakat dan antar daerah. Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan merupakan warisan yang sangat berharga dari perjuangan para pemuda dalam Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. 
Namun demikian, lokasi daerah Indonesia yang meliputi banyak pulau dan tempat tinggal yang berpencar ini, menimbulkan sebuah masalah lain, yaitu masyarakat Indonesia mengalami kesulitan dalam melakukan komunikasi langsung, masyarakat banyak mengalami kesulitan atau kendala karena keterbatasan waktu dan tenaga.  Untuk mengatasinya masyarakat menggunakan kemajuan teknologi sebaga sarana untuk memperlancar komunikasi tersebut. Misal handphone,  sms, email, dan internet. Tapi masih ada juga masyarakat yang menggunakan teknologi paling sederhana di lingkungan tempat tinggalnya. Contoh kentungan digunakan untuk mengumpulkan dan memberikan peringatan tanda berbahaya pada masyarakat desa. 

Pengaruh Lokasi terhadap Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi 
Masyarakat Indonesia di setiap daerah memiliki keunggulan yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut disebabkan oleh perbedaan kondisi dan lokasi tempat tinggal. Namun perbedaan ini menjadikan negara kita menjadi negara besar dan kaya. Lokasi tempat tinggal sangat berpengaruh terhadap kegiatan ekonomi masyarakat. Contoh, kondisi tanah yang berbeda menyebabkan jenis tanaman yang dihasilkan berbeda pula. Kondisi tersebut juga menyebabkan terjadinya saling ketergantungan antardaerah. Sebagai contoh perdagangan antar daerah terjadi sejak ribuan tahun yang lalu. Kondisi tersebut berpengaruh terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. 
Penguasaan teknologi informasi dan komunikasi merupakan kunci sukses pada abad XXI ini. Pengusaha yang tidak mampu menguasai teknologi ini akan sulit berkembang dalam menghadapi persaingan. Kegiatan jual beli pada masa sekarang tidak hanya dilakukan secara langsung, tetapi telah berkembang dengan berbagai cara. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah menyebabkan perubahan besar dalam cara berkomunikasi rakyat Indonesia. 
Pengaruh kemajuan teknologi informasi dan komunikasi pada dewasa ini terus meningkat pesat. Hal ini dapat kita rasakan betul. Sekarang jual beli tidak hanya terjadi dengan saling bertemu muka dan berkomunikasi secara langsung saja, tapi transaksi jual beli sudah dapat dilakukan antara penjual dan pembeli dari jarak yang sangat berjauhan. Penjualan melalui internet atau online sudah marak dilakukan. Banyak perusahaan yang menjual produknya melalui jasa internet ini, apalagi perbankan juga sudah menggunakan sistem online sehingga memudahkan untuk melakukan pembayaran terhadap produk yang telah dibeli. Pernahkah kamu membeli baju atau sepatu melalui internet? 
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mampu memperlancar kegiatan komunikasi dan mobilitas barang dan jasa secara cepat. Artinya telah mampu memperpendek jarak dan mempercepat waktu dalam kegiatan masyarakat. Trend atau gaya hidup dan berpikir masyarakat pun berubah dibentuk oleh kemajuan teknologi tersebut. Tentu saja ini adalah hal yang positif, tapi juga sangat rentan membawa pengaruh negatif dalam kehidupan masyarakat. 
Di antara pengaruh negatif yang ditimbulkan oleh kemajuan teknologi dan informasi, sebagai berikut: 
1.      Lunturnya nilai-nilai agama dan budaya
Dalam uraian di atas telah dijelaskan berbagai dampak positif pengaruh perkembangan teknologi dan informasi terhadap nilai-nilai agama dan budaya. Namun perkembangan teknologi dan informasi juga menyebabkan lunturnya nilai-nilai agama dan budaya. Misalnya jaringan internet juga menyebabkan lunturnya nilai-nilai agama dan budaya. Berbagai data berupa gambar dan film yang berbau pornografi menjadi salah satu penyebab lunturnya nilai-nilai agama dan budaya. Budaya Barat negatif seperti budaya suka bersenang senang (hedonisme), kehidupan bebas, dan ateisme, ternyata sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat Indonesia di berbagai daerah. Walaupun Indonesia yang terdiri atas ribuan pulau,dengan lokasi yang saling berjauhan, namun berbagai informasi tersebut sangat mudah diakses/diperoleh berkat kemajuan teknologi informasi.
2.      Kriminalitas
Kejahatan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi terjadi setiap hari di Indonesia. Kriminalitas melalui jaringan telepon terjadi baik telepon kabel maupun telepon seluler. Kriminalitas melalui jaringan telepon umumnya dilakukan dalam bentuk penipuan. Kamu harus hati-hati ketika ditelepon orang yang belum kamu kenal. Demikian halnya apabila ada telepon yang mengaku kenalanmu, kamu harus mengecek apakah kamu benar-benar berkomunikasi dengan orang yang kamu maksud. Para penjahat semakin canggih dalam cara-cara mengelabuhi masyarakat melalui percakapan telepon. Kejahatan melalui dunia maya atau sering disebut cybercrime, semakin marak ditemukan di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Modus kriminalitas ini dilakukan terutama dalam bentuk penipuan dan pencurian. Cara pembayaran melalui kartu kredit memudahkan terjadinya transaksi melalui dunia maya. Apabila tidak berhati-hati, masyarakat dapat tertipu oleh penjahat internet tersebut
3.      Keamanan dan Perpecahan
Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah mempermudah interaksi antar masyarakat Indonesia. Suatu peristiwa yang terjadi pada suatu tempat dengan cepat dapat menyebar beritanya ke berbagai lokasi. Sebagai contoh peristiwa perkelahian antar masyarakat, sangat mudah berkembang menjadi perkelahian antar kelompok, bahkan antar etnis. Perkelahian yang sebenarnya disebabkan oleh masalah yang sepele, kemudian bisa saja diberitakan dengan dibumbui cerita yang tidak benar. Akhirnya masyarakat terpancing emosinya dan pecah perkelahian antar kelompok. Kamu harus selalu hati-hati menerima kabar melalui telepon maupun internet. Kamu harus selalu bijak dalam melihat suatu permasalahan.
Ketiga macam pengaruh negatif di atas dan kejahatan lainnya yang mungkin timbul dari kemajuan teknologi informasi dan komunikasi tadi, sudah seharusnya selalu diwaspadai oleh semua komponen bangsa sehingga pengaruh negatif dan kejahatan cybercrime dapat diminimalisir bahkan dihilangkan.

No comments:

Post a Comment

P3K Tahap 3

https://youtu.be/dmcjx-zTSCQ