Contoh Dialog Interaktif TV



Contoh Dialog Interaktif TV tentang Gas Metana

Pembaca Acara           : Ari
Narasumber               : Muh. Fikal
Penelpon Interaktif     : Ibu Sinta
Tema                        : Gas Metana
Acara Televisi            : TV One
Waktu Penyayangan   : 20 Juli 2013 Pukul 08.00 WIB


Ari            :” Selamat pagi pemirsa, jumpa lagi dengan saya Ari dalam acara “DIALOG INTERAKTIF. Pagi kali ini dialog interaktif akan membahas tentang “Gas Metana.”
Ari            : Apa yang dimaksud dengan gas metana?
Muh Fikal   : Istilah lain dari gas metana adalah gas rawa. Istilah itu diambil karena rawa banyak mengandung gas metana. Coba saja kita tancapkan bambu di rawa. Kalau disulut api, bambu pasti meledak, semacam ledakan kecil. Ledakan terjadi melalui pembusukan dari dalam bambu tersebut sehingga membentuk gas metana yang menyemburkan api.
Ari            : OK. Selanjutnya untuk pemirsa di rumah yang ingin bertanya seputar tema kita hari ini bisa hubungi nomor 081-234-567.Rupanya sudah ada telepon yang masuk, hallo! Dengan siapa dimana? “
Sinta         : “ Halo, dengan ibu Sinta di Timika. “
Ari            :”  Iya ibu langsung saja pertanyaannya! “
Sinta         : Apakah biogas juga banyak mengandung gas metana?
Muh Fikal   : Ya. Gas metana terkandung dalam biogas, yakni melalui pembusukan dibantu dengan unsur mikroba atau bakteri yang mempercepat pembentukan gas tersebut. Gas metana berasal dari hasil limbah peternakan dan pertanian.
Ari            : Baik. Pertanyaan telah dijawab. Ada yang ingin ditanyakan lagi bu?
Sinta         : Tidak. Terima Kasih.
Ari            : OK. Terima Kasih juga ibu, untuk sebuah pertanyaannya. Baiklah, langsung kita sambung kembali untuk bertanya- tanya kembali kepada bapak Muh Fikal. Bisa disambung kembali ya pak?
Ari            : Bagaimana cara mengembangkan Gas metana?
Muh Fikal   : Suatu area peternakan dan pertanian luas dapat digunakan sebagai sumber energi biogas alternatif. Caranya, kotoran dan limbah pertanian ditampung dalam tangki tertutup yang bentuknya seperti lonceng terbalik. Melalui proses itu, akan dihasilkan gas metana yang dapat mengeluarkan energi untuk kebutuhan pemanasan.
Ari            : Apa keuntungan penggunaan biogas sebagai energi alternatif?
Muh Fikal   : Energi alternatif yang dihasilkan tergolong energi terbaru. Energi itu tidak merusak lingkungan sehingga kita tidak bergantung pada energi dari fosil bumi atau minyak bumi. Energi tersebut juga tidak memberikan dampak buruk terhadap lingkungan, seperti polusi atau pencemaran.
Ari            : Apakah biogas dapat dimanfaatkan menjadi energi gerak atau listrik?
Muh Fikal   : Hal itu sangat dimungkinkan sebab gas metana yang dihasilkan dapat membakar dan menjadi energi gerak berupa energi listrik. Tentu saja perlu ada instalasi tambahan. Misalnya, dibuatkan turbin atau peralatan lain untuk menghasilkan energi listrik. Dari turbin itu, dihasilkan energi listrik. Kemudian, energi tersebut disimpan.
Ari            : Dari segi biaya apakah relatif murah?
Muh Fikal   : Saya kira penggunaan dan pembuatan biogas untuk kebutuhan sehari-hari secara ekonomi  masih terjangkau. Dananya relatif murah dengan catatan tersedia banyak bahan baku biogas.Semakin banyak sumber alam, produksi energi biogas yang dihasilkan juga semakin banyak. Tentu, hal itu akan lebih hemat biaya karena energi listrik dari biogas tidak memerlukan kabel untuk memasok listrik.
Ari            : Wah, kalau begitu bisa sangat membantu meringankan beban masyarakat untuk berhemat listrik ya pak?
Muh Fikal : Oh ya tentu dong.. Maka dari itu, kita harus pintar-pintarnya mengolah bahan yang sudah tidak bisa di pakai agar bisa di pakai kembali. Apa lagi jika bisa bermanfaat seperti ini. Kan ya kita juga kan yang menikmati hasilnya?
Ari            : Iya. Benar sekali itu pak. Baik, Terima kasih banyak bapak, atas partisipasi untuk dapat kami wawancarai.
Muh Fikal   : Iya. Sama-sama. Saya justru sangat senang bisa saling berbagi dengan permisa di rumah maupun di studio.
Ari            : Selesai sudah dialog Interaktif kita pada pagi ini. Saya Ari mengundurkan diri dari hadapan pemirsa dan mohon maaf apabila ada kesalahan kata ataupun lain nya. Kami ucapkan selamat pagi dan sampai jumpa.

3 comments:

  1. wah menarik sekali ya artikel contoh teks dialog interaktif, ane baru tau deh gan...ane jadiin pr sekolah yaa

    ReplyDelete
  2. makasih sharenya bang, sangat membantu sekali bagi saya yang sedang mencari contoh dialog intraktif ini sebagai bahan tugas sekolah saya...

    ReplyDelete

P3K Tahap 3

https://youtu.be/dmcjx-zTSCQ