Contoh Pidato Acara Perpisahan Sekolah Terbaik



Contoh Pidato Acara Perpisahan Sekolah Terbaik
Contoh Pidato Perpisahandisaat acara perpisahan sekolah pastinya ada beberapa perwakilan teman atau guru kita menyampaikan pidato yang harus dilakukan dengan baik, tetapi sebelumnya haruslah mempersiapkan naskah pidato acara perpisahan sekolah yang dibutuhkan adalah contoh pidato yang baik dan sesuai dengan tema perpisahan sekolah itu sendiri. Maka dari itu pada kesempatan kali ini husus buat sahabat berbagi pengetahuan akan di kami bantu untu memudahkan dalam mempelajari lebih dalam lagi tentang teks pidato beserta contoh-contoh naskah pidatonya, yang pastinya adalah pidato tentang perpisahan sekolah. Contoh pidato ini baik di gunakan untuk semua tingkatan baik SD / MI, SMP/ MTs, maupun SMA / MA / SMK.
Sebelum pada contoh pidato perpisahan sekolah alangkah baiknya jika kita mengetahui pengertian pidato itu sendiri. Karena dalam pidato terdapat pembukaan, isi pidato, dan salam penutup dari pidato itu sendiri.

Pidato adalah suatu ucapan / ungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada bayak orang. Pengertian yang lain tentang pidato adalah wacana / naskah yang disiapkan untuk dibacakan di depan orang banyak (audien). Dalam pengertian yang kedua ini lebih mengacu pada bentuk bahasa tulis/naskah dalam pidato itu sendiri.
Kualitas pidato seseorang tidak hanya ditentukan oleh isinya, tetapi juga kemampuan dalam menyampaikan isinya dengan penampilan yang maksimal. Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut.
Kemampuan berpidato seseorang akan sangat ditentukan oleh segala aktivitas dalam kesehariannya. Bila ia sering berpidato dan akrab dengan dunia pidato, secara otomatis pidato tidak menjadi asing baginya. Bahkan, sedikit banyak ia mampu berpidato dengan baik. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik / umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik.
Tujuan Pidato Pidato umumnya melakukan satu atau beberapa hal berikut ini : -Mempengaruhi orang lain agar mau mengikuti kemauan kita dengan suka rela. - Memberi suatu pemahaman atau informasi pada orang lain. -Membuat orang lain senang dengan pidato yang menghibur sehingga orang lain senang dan puas dengan ucapan yang kita sampaikan.



Berikut Contoh Pidato dalam acara Perpisahan Sekolah :


Contoh Pidato Perpisahan 1
Assalamu'alaikum wr.wb.
Marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat ilahirobbi yang mana pada kesempatan kali ini kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal’afiat amin ya robbal ‘alamin.
Shalawat dan salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW, kepada para sahabatnya, keluarganya, dan tak lupa kepada kita selaku umatnya, yang insya Allah akan selalu taat pada ajarannya.
Para hadirin yang saya hormati, ijinkan saya mewakili teman-teman untuk menyampaikan amanat dalam rangka perpisahan ini.
Tidak terasa sudah 3 tahun kita berada disini. Susah, senang, sudah kita alami dan lalui bersama. Dan hari ini adalah puncak yang sebenarnya, kita semua akan berpisah tidak akan ada lagi kebersamaan dan kekompakan yang akan kita temukan di hari esok.
Semua cerita indah disini hanya akan menjadi sepenggal kenangan di masa depan. Suatu hari nanti kita pasti akan merindukan masa-masa indah seperti ini.
Tak lupa juga kami sangat berterima kasih mengajarkan kami arti dari sebuah perjuangan, hingga sampai mengantarkan kita pada gerbang ini untuk menuju pada kehidupan yang sebenarnya. Tanpa beliau, kami bukan apa-apa, banyak hal yang diajarkan pada kami, meski terkadang kami merasa lelah, jenuh, bosan, tapi dengan sabarnya mereka membimbing kami.
Mudah-mudahan perpisahan ini bisa menambah erat solidaritas kita dan semoga saja perpisahan ini bukanlah akhir dari segalanya. 
Kejarlah cita-citamu teman !! agar dapat meraih kehidupan yang lebih baik dimasa depan. Mudah-mudahan apa yang kita dapatkan disini bisa menjadi ilmu yang insya Allah akan bermanfaat bagi nusa, bangsa, dan agama dan yang terpenting berguna bagi diri kita sendiri. Amien.
Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya saya mohon maaf, karena kesalahan adalah milik saya dan kelebihan datangnya dari Allah SWT.
Sekian dari saya. Wabilahitaufik walhidayah,
wassalamu’alaikum wr.wb





Contoh Pidato Perpisahan 2
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Selamat pagi dan salam sejahtera
Yang terhormat kepala sekolah SMP NEGERI 02 Puger
Yang kami hormati guru-guru sekalian
Yang berbahagia, orang tua siswa SMP NEGERI 02 Puger
Dan teman-teman yang saya cintai

Alhamdulillah, Puji syukur kehadirat Allah SWT, yang berkenan atas waktu dan kesempatan ini, sehingga kita dapat hadir di tempat ini di acara perpisahan kelas 9 SMP NEGERI 02 Puger tahun ajaran 2011/2012 pada pagi ini

Saya mewakili teman-teman menyadari bahwa selama kami menjadi siswa di SMP NEGERI 2 ini pernah membuat guru menjadi kesal, kecewa, sedih, ataupun marah. Oleh karena itu kami menghaturkan permohonan maaf yang tulus dari hati bapak/ibu guru

Pada kesempatan ini juga saya mewakili teman-teman mohon maaf pada bapak ibu, ayah bunda kami, atas kesalahan kami baik yang dilakukan secara sengaja maupun tidak disengaja

Saya dan teman-teman, berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak/ibu guru dan juga ayah bunda yang telah mendidik kami menjadi siswa yang disiplin dan berprestasi

Untuk teman-teman tercinta, selama 3 tahun lamanya kita bersama, tentunya ada rasa suka maupun duka yang datang menhampiri dalam menuntut ilmu. Semua itu tak bakal dilupakan begitu saja

Saya ucapkan selamat berpisah, dan selamat melanjuntkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Semoga perpisahan ini menjadi kenangan indah selamanya

Sukses untuk terus maju meraih cita. Semoga SMP NEGERI 02 Puger selalu jaya.

Akhir kata Kami minta maaf jika ada satu kata yang salah atau tidak berkenan .

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Contoh Pidato Perpisahan 3
Assalamu'alaikum Wr.Wb
Bapak dewan guru yang kami hormati. Teman-teman yang kami cintai, marilah bersama-sama kita sanjungkan puja dan puji syukur kehadirat Allah swt, karena dengan limpahan rahmat-Nya kita sekalian dapat hadir, tanpa ada halangan suatu apapun dalam acara perpisahan ini.
Shalawat dan salam semoga tetap terlimpahkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad saw.

Hadirin sekalian yang berbahagia!
Bersilaturahmi dipandang sangat penting sekali untuk diterapkan dalam kehidupan seorang muslim. Karena dengan silaturahmi, maka terdapat keutamaan yang luar biasa dalam hal tersebut. Mengingat hal itu sangat penting untuk dilakukan, maka hendaklah tetap kita lakukan meskipun kita tidak lagi bersama dalam hal belajar, bermain dan bersekolah.
Sehubungan dengan pentingnya menjaga tali silaturahmi maka Nabi Muhammad saw bersabda:
"Persaudaraan itu bergantung di Arasy, ia berkata: Barangsiapa yang menghubungi aku, Allah menyambungnya dan barangsiapa yang memutuskan aku, Allah memutuskannya.

Hadirin sekalian yang saya hormati!
Telah banyak hal yang dilewati disekolah ini bersama-sama. Persahabatan dengan teman-teman, belajar bersama, bermain bersama. Tentu hal itu menciptakan kenangan yang tidak akan terlupakan. Dan semoga dapat menjadi tali untuk mempererat silaturahmi dikemudian hari. Semoga kedepannya apa yang kita cita-cita kan dapat terlaksana, amiin.
Demikianlah sekilas yang dapat kami sampaikan, mudah-mudahan membawa manfaat. Kurang lebihnya kami mohon maaf.

Billahit taufiq walhidayat.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh



Contoh Pidato Perpisahan 4

Assalamu'alaikum Wr.Wb
Yth,
Bapak kepala sekolah, ibu dan bapak guru, dan semua teman-teman yang Saya cintai
Pertama, marilah terlebih dahulu kita panjatkan syukur kepada hadirat Tuhan YME sebab atas segala rahmat-Nya di hari ini, sehingga kita bisa berkumpul bersama untuk mengadakan acara perpisahan sekolah.
(berdoa)

Semua hadirin yang Saya hormati, ijinkanlah saya untuk mewakili teman-teman dalam menyampaikan sepatah 2 patah kata dalam acara perpisahan ini.

Saat waktu bersekolah, kami sebagai seorang siswa sangatlah bangga dan juga berterima kasih untuk semua guru yang sudah mengajar di sekolah ini, dengan sangat baik, juga tak pilih kasih dalam proses mendidik, sangatlah sabar dan tak kenal lelah membimbing kami semua. Karena jerih payah semua gurulah kami bisa lulus dengan baik dari SMP ini.
Mudah-mudahan bagi semua guru yang sudah bertugas mengajar di sekolah ini akan selalu diberikan kesehatan yang baik juga diberikan kebahagiaan selalu.
Dan juga bagi semua teman-teman, sungguh sangat berat rasanya untuk berpisah dengan kalian semua, mengingat semua waktu yang sudah dilalui bersama selama tiga tahun ini. Tetapi Saya juga tetap akan mendoakan teman-teman semuanya supaya bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, baik untuk ke SMK, ke SMA, ke STM ataupun institusi pendidikan yang lainnya, agar dapat meraih cita-cita yang teman-teman idamkan semua.
Akhir kata, Saya sebagai perwakilan, mengucapkan sukses untuk bapak ibu guru dan teman-teman semua, juga doa saya menyertai teman-teman dan bapak ibu guru sekalian.
Dalam setiap pertemuan, pastinya akan ada perpisahan karena kehidupan ini tak ada yang abadi. Dan semoga tentang Contoh Pidato Perpisahan ini berguna untuk Anda yang ingin melaksanakan perpisahan ataupun hanya sekedar mengerjakan tugas dari guru.

Billahit taufiq walhidayat.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh


Contoh Pidato Perpisahan 5

Assalamu’alaikum Wr. Wb
Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah SMP Faforit
Yang terhormat Bapak/Ibu Dewan Guru
Serta teman-temanku yang berbahagia

Pada pagi hari ini, tak lupa kita ucapkan puja dan puji kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan kasih sayangnya kepada kita semua, sehingga sampai hari ini kita masih tetap bisa melakukan segala bentuk aktifitas dan dapat berkumpul di sini dalam acara Perpisahan Kelas IX tahun ajaran 2012/2013.

Saya di sini mewakili teman-teman menyadari bahwa selama kami menjadi siswa di SMP Faforit tercinta ini seringkali membuat bapak/ibu guru kesal, kecewa, sedih, maupun marah. Oleh karena itu kami menghaturkan permohonan maaf yang tulus emoga bapak/ibu guru semua sudi kiranya memaafkan semua kesalahan kami baik yang sengaja maupun tidak demi kebaikan kami semua ke depannya.

Saya dan teman-teman, mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak/ibu guru dan juga ayah bunda yang telah mendidik kami menjadi siswa yang disiplin dan berprestasi. Untuk bapak/ibu guru terutamanya, mungkin ucapan terima kasih dari saya dan teman-teman semua tidaklah cukup membayar semua jasa baik anda selama 3 tahun ini, yang tanpa lelah mengajari serta mendidik kami menjadi insan yang semakin mengerti. Sungguh kebaikan bapak/ibu guru hanya mampu dibalas oleh Allah. Jazakumullah khoiron katsiron.

Untuk teman-teman tercinta, selama 3 tahun lamanya kita bersama, tentunya ada rasa suka maupun duka yang datang menghampiri dalam perjalanan kita menuntut ilmu. Mungkin semua itu esok akan menjadi sebuah memori terindah yang akan selalu kita ingat.

Tak lupa kepada adik-adik kami yang masih tajam pemikirannya, untuk ke depan kalian harus lebih berprestasi dari kakak-kakakmu ini, jangan buang waktumu dengan percuma, buatlah sekolah kita menjadi yang terbaik. Buatlah guru-guru serta orang tua kita bangga akan prestasi yang kita torehkan.
Saya ucapkan selamat berpisah, dan selamat melanjuntkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Semoga perpisahan ini menjadi kenangan indah selamanya. Ingatlah tangis tawa kita selama ini, pelangi yang selalu iringi perjalanan mulia ini.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Contoh Pidato Perpisahan 6
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Selamat pagi dan salam sejahtera

Yang terhormat kepala sekolah SMP Faforit
Yang kami hormati guru-guru
Dan teman-teman semua yang saya cintai

Puji syukur kehadirat Allah SWT, berkenan atas waktu dan kesempatan sehingga kita semua dapat hadir di acara perpisahan kelas 9 Darul Ulum tahun ajaran 2012/2013 pada pagi hari ini

Saya dan teman-teman berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada SMP Faforit dan juga para guru SMP tanpa terkeculi, yang telah mendidik kami menjadi siswa yang disiplin dan berprestasi

Selama 3 tahun bersama, tentunya ada rasa suka maupun duka yang kami rasakan dalam menuntut ilmu, semua  itu tak bisa dilupakan begitu saja, dan akan menjadi kenangan dalam hidup kami

Kami siswa, menghanturkan permohonan  maaf  jika ada kesalahan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja

Kepada teman-temanku, saya ucapkan selamat berpisah, dan selamat menempuh jenjang pendidikan yang labih tinggi dan untuk SMP Faforit, semoga sukses dan jaya selalu

Mungkin cukup sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya saya mohon maaf
Wabilahitaufik walhidayah

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

1 comment:

P3K Tahap 3

https://youtu.be/dmcjx-zTSCQ