KISI-KISI SEMESTER KELAS VI
KELAS
/ SEMESTER : VI / I
MATA
PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN
ALAM (IPA)
JUMLAH SOAL : 50 BUTIR
No
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Uraian
Materi
|
Bentuk
Soal
|
Indikator
|
No
Soal
|
1.
|
Memahami hubungan antara
ciri-ciri mahluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya
|
1.1. Mendeskripsikan
hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan(kelelawar,cicak bebek
dan lingkungan hidupnya
|
ciri-ciri khusus hewan.
|
- Ciri
khusus yg dimiliki kelelawar adalah dapat berekolokasi
- Salah
satu khusus pada cicak dapat memutuskan ekornya
- Kelelawar
terbang mencari makan pada malam hari
- Bunglon
menghindari musuhnya dengan mimikri
|
PG
PG
IS
UT
|
- Siswa
dapat menentukan ciri khusus dari kelelawar
- disajikan
gambar)Siswa dapat menentukan cirri khusus yang dimiliki hewan tersebut..
- Siswa
dapat menuliskan saat /waktu kelelawar mencari makan.
- Siswa
dapat menjelaskan cara bunglon menghindari musuhnya
|
1
16
31
46
|
|
|
1.2. Mendeskripsikan
hub.antara ciri khusus yang dimiliki tumbuhan kaktus ,teratai,kantong semar,
|
ciri-ciri khusus
tumbuhan.
Kaktus pohon jati,bakau,raflesia
Kantong semar,teratai,
eceng gondok
|
- Salah
satu ciri kaktus daun nya berupa duri
- Daun
teratai lebar berfungsi untuk mempecepat penguapan
- Tumbuhan
memakan serangga untuk memenuhi kebutuhan nitrogen
|
PG
PG
IS
|
- disajikan
gambar tumbuhan)siswa dapat menentukan cirri khusus dari tumbuhan tersebut.
- Siswa
dapat menentukan fungsi dari daun teratai
- Siswa
dapat menuliskan tujuan tumbuhan memakan serangga
|
2
17
32
|
2
|
Memahami
cara perkembang
biakan
mahluk hidup
|
1.1.
Mendeskripsikan perkembangan
dan pertumbuhan manusia dari bayi
sampai lanjut usia
|
Perkembangan dan pertumbuhan manusia.
|
- Tujuan
manusia berkembang biak untuk melestarikan jenisnya
- Ciri
perkembangan fisik lansia,berhenti menstruasi.
- Pertumbuhan
tubuh manusia yang paling banyak waktu remaja.
- Saat
remaja terjadi perubahan psykologis yaitu senang pada lawan jenis
|
PG
PG
IS
UT
|
- Siswa
dapat menentukan tujuan manusia berkembang biak
- (disajikan
tabel)Siswa dapat menentukan perkembangan fisik pada pada lansia
- Siswa
dapat menuliskan saat/waktu pertumbuhan manusia yang paling banyak.
- Siswa dapat menjelaskan Perubahan psykologis yang
terjadi pada masa remaja.
|
3
18
33
47
|
|
|
1.2. Mendeskripsikan
cirri-ciri perkembangan pisik anak laki-laki dan anak perempuan.
|
Perkembangan fisik anak
laki-laki dan anak perempuan.
|
- Salah
satu perkembangan fisik laki-laki pada masa pubertas adalah tumbuh jakun
- Salah
satu tanda wanita memasuki masa pubertas pinggul melebar.
- Ciri
perkembangan fisik laki-laki jakun,dada bidang,tumbuh kumis.
|
PG
PG
IS
|
- Siswa
dapat menentukan perubahan fisik pada anak laki-laki yang pubertas.
- Siswa
dapat menetukan salah satu ciri wanita memasuki masa pubertas.
- Siswa
dapat menuliskan ciri perkembangan fisik anak laki-laki.
|
4
19
34
|
|
|
1.3. Mengidentifikasikan
cara perkembang biakan tumbuhan dan hewan.
|
Perkembang
biakan hewan dan tumbuhan.
|
- Ayam
dan burung berkembang biak secara ovivar.
- Putik
merupakan kelamin betina pada bunga.
- Cacing
planaria berkembang biak dengan cara pragmentasi.
|
PG
PG
IS
|
- (disajikan
tabel)Siswa dapat menetukan hewan yang berkembang biak secara ovivar.
- Siswa
dapat menentukan alat kelamin betina pada bunga.
- Siswa
dapat menuliskan cara berkembang biak cacing planaria
|
5
20
35
|
|
|
1.4. Mengidentifikasi
cara perkembang biakan manusia.
|
Perkembang biakan manusia.
|
- Kelahiran
lebih banyak dari kematian,kepadatan bertambah
- Urbanisasi
menyebabkan kota semakin padat.
- Transmigrasi
salah satu usaha untuk meratakan kepadatan penduduk.
|
PG
PG
IS
|
- Siswa
dapat menentukan keadaan penduduk jika kelahiran lebih banyak dari kematian.
- Siswa
dapat menentukan salah satu sebab penduduk kota semakin padat
- Siswa
dapat menuliskan cara pemerataan kepadatan penduduk
|
6
21
36
|
3
|
Memahami
pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan.
|
3.1.
Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan
alam(ekosistem)
|
Aktifitas manusia yang mempengaruhi
keseimbangan lingkungan.
|
- Salah
satu usaha pelestarian hutan dengan reboisasi
- Karena
kurang nya resapan air,maka pada musim hujan terjadi banjir..
- Akibat
pengambilan pasir pantai berlebihan mengakibatkan abrasi
- Untuk
mencegah erosi dengan reboisasi.
|
PG
PG
IS
UT
|
- Siswa
dapat menentukan upaya pelestarian sumber daya hutan.
- Siswa
dapat menentukan akibat dari kurang nya resapan air.
- Siswa
dapat menuliskan akibat pengambilan pasir pantai secara berlebihan.
- Siswa
dapat menjelaskan usaha untuk mencegah erosi
|
7
22
37
48
|
|
|
3.2.
Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang
mengarah pada ketidak seimbangan lingkungan.
|
Bagian tumbuhan yang dimanfaatkan oleh
manusia.
|
- Kulit
pohon kayu manis dapat dimanfaatkan oleh manusia.untuk bumbu masak.
- Yang
dapt dibuat dari getah pohon karet adalah ban.
- Bahan
baku janur berasal dari pohon kelapa.
|
PG
PG
IS
|
- Siswa
dapat menentukan bagian dari tumbuhan kayu manis yang dimanfaatkan oleh
manusia.
- Siswa
dapat menentukan benda yang dapt dibuat dari getah pohon karet.
- Siswa
dapat menuliskan bahan baku membuat janur.
|
8
23
38
|
|
|
3.3.
Mengidentifikasi bagian
tubuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada
ketidak seimbangan lingkungan.
|
Bagian tubuh hewan yang
dimanfaatkan oleh manusia
|
- Gading
gajah sering dimanfaatkan oleh manusia
- Yang
dimanfaatkan dari harimau dan ular adalah kulitnya
- Bahan
baku membuat wol adalah biri-biri
|
PG
PG
IS
|
- Siswa
dapat menentukan bagian dari tubuh gajah yang sering dimanfaatkan
- Siswa
dapat menentukan bagian dari harimau dan ular yang sering dimanfaatkan oleh
manusia.
- Siswa
dapat menuliskan bahan baku pembuat wol
|
9
24
39
|
4
|
Memahami
pentingnya pelestarian jenis mahluk hidup untuk mencegah kepunahan
|
4.1.
Mengidentifikasi jenis hewan dan tumbuhan yang mendekati kepunahan
|
Hewan dan tumbuhan yang mendekati
kepunahan
|
- Suaka
margasatwa melindungi berbagai jenis hewan liar
- Taman
Nasional berguna untuk mencegah kepunahan hewan dan tumbuhan
- Anoa
adalah hewan langka di Sulawesi yang hampir punah.
- Komodo
dilindungi karna hampir punah
|
PG
PG
IS
UT
|
- Siswa
dapat menentukan fungsi dari suaka margastwa.
- Siswa
dapat menentukan guna Taman Nasional
- Siswa
dapat menuliskan hewan langka di Sulawesi
- Siswa
dapat menjelaskan sebab komodo dilindungi.
|
10
25
40
49
|
|
|
4.2. Mendeskripsikan pentingnya
pelestarian jenis mahluk hidup untuk perkembangan ilmu pengetahuan alam dan
kehidupan masyarakat
|
Hewan dan tumbuhan yang mendekati
kepunahan
|
- Salah
satu penyebab hewan terancam.
- Komodo
dilindungi karna hampir punah
- Taman
Nasional berguna untuk mencegah kepunahan hewan dan tumbuhan.
|
PG
PG
IS
|
- Siswa
dapat menentukan factor yang menyebabkan hewan terancam punah
- Siswa
dapat menjelaskan sebab komodo dilindungi.
- Siswa
dapat menentukan guna Taman Nasional
|
11
26
41
|
5
|
Memahami saling hubungan antara
suhu,sifat hantaran dan kegunaan benda.
|
5.1.
Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda.
|
kemampuan benda menghantarkan panas.
|
- Arti
lain dari perpindahan panas adalah perambatan
- Contoh
perpindahan kalor radiasi udara disekitar lampu menyala terasa panas.
- Kayu
pegangan listrik merupakan isolator panas
- Lapisan
kaca dalam termos berfungsi untuk memnatulkan panas.
|
PG
PG
IS
UT
|
- Siswa
dapat menentukan arti dari perpindahan panas
- Siswa
dapat menentukan perpindahan kalor secara radiasi
- Siswa
dapat menuliskan benda isolator panas
- Siswa
dapat menjelaskan fungsi lapisan yang terdapat dalam termos.
|
12
27
42
50
|
|
|
5.2 Menjelaskan alasan pemilihan benda
dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kemampuan
|
Pemilihan
dan pemanfaatan benda
|
- Sifat
karet adalah lentur,kenyal mudah di bentuk.
- Sifat
kaca yang kurang baik adalah mudah pecah
- Bahan
dasar yang mudah menyerap keringat adalah kaos
|
PG
PG
IS
|
- Siswa
dapat menentukan sifat suatu benda(karet)
- Siswa
dapat menentukan sifat kaca yang kurang baik
- Siswa
dapat menuliskan bahan dasar yang mudah menyerap keringat
|
13
28
43
|
6
|
Memahami faktor penyebab perubahan
benda.
|
6.1.Menjelaskan
faktor-faktor
penyebab perubahan tan,
pembusukan)
melalui pengamatan
|
Faktor
penyebab perubahan benda
|
- Faktor
penyebab perubahan benda karna berasal dari tumbuhan yang membusuk.
- Tanah
gambut berasal dari pelapukan tumbuhan rawa.
- Proses
penghancuran oleh mahluk hidup/tak hidup adalah pelapukan
|
PG
PG
IS
|
- Siswa
dapat menentukan sebab tanah humus menjadi subur.
- Siswa
dapat menentukan asal tanah gambut.
- Siswa
dapat menuliskan proses pelapukan
|
14
29
44
|
|
|
6.2.
Mengidentifikasi faktor-faktor
yang menentukan pemilihan
benda /bahan untuk tujuan tertentu (karet,logam,kayu,
plastic)dalam kehidupan sehari-hari.
|
Mengidentifikasi factor yang menentukan
pemilihan bahan untuk tujuan tertentu.misalnya: karet,kayu,plastik
|
- Bahan
yang tepat untuk dibuat jas hujan adalah plastik
- Logam
mudah menghantarkan panas dan listrik.
- Cara
mengatasi karat pada besi dengan cara di cat.
|
PG
PG
IS
|
- Siswa
dapat menentukan bahan yang tepat untuk dibuat jas hujan.
- Siswa
dapat menentukan sifat logam
- Siswa
dapat menuliskan cara mengatasi karat pada besi.
|
15
30
45
|
No comments:
Post a Comment