KISI-KISI SEMESTER KELAS VI


KISI-KISI SEMESTER KELAS VI
KELAS / SEMESTER     : VI /  I
MATA PELAJARAN      : ILMU PENGETAHUAN ALAM   (IPA)
                                                            JUMLAH SOAL              : 50 BUTIR

No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi
Uraian Materi
Bentuk Soal
Indikator
No Soal
1.
Memahami hubungan antara ciri-ciri mahluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya
1.1. Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan(kelelawar,cicak bebek dan lingkungan hidupnya

ciri-ciri khusus  hewan.


-       Ciri khusus yg dimiliki kelelawar adalah dapat berekolokasi
-       Salah satu khusus pada cicak dapat memutuskan ekornya

-       Kelelawar terbang mencari makan pada malam hari

-       Bunglon menghindari musuhnya dengan mimikri

PG


PG





IS




UT
-       Siswa dapat menentukan ciri khusus dari kelelawar

-       disajikan gambar)Siswa dapat menentukan cirri khusus yang dimiliki hewan tersebut..



-       Siswa dapat menuliskan saat /waktu kelelawar mencari makan.


-       Siswa dapat menjelaskan cara bunglon menghindari musuhnya

1



16




31




46


1.2. Mendeskripsikan hub.antara ciri khusus yang dimiliki tumbuhan kaktus ,teratai,kantong semar,




ciri-ciri khusus
tumbuhan.
Kaktus pohon jati,bakau,raflesia
Kantong semar,teratai, eceng gondok
-       Salah satu ciri kaktus daun nya berupa duri

-       Daun teratai lebar berfungsi untuk mempecepat penguapan

-       Tumbuhan memakan serangga untuk memenuhi kebutuhan nitrogen
PG



PG




IS
-       disajikan gambar tumbuhan)siswa dapat menentukan cirri khusus dari tumbuhan tersebut.
-       Siswa dapat menentukan fungsi dari daun teratai



-       Siswa dapat menuliskan tujuan tumbuhan memakan serangga
2



17





32
2
Memahami cara perkembang
biakan mahluk hidup
1.1.   Mendeskripsikan perkembangan
        dan pertumbuhan manusia dari bayi
       sampai lanjut usia


Perkembangan dan pertumbuhan manusia.


-       Tujuan manusia berkembang biak untuk melestarikan jenisnya

-       Ciri perkembangan fisik lansia,berhenti menstruasi.

-       Pertumbuhan tubuh manusia yang paling banyak waktu remaja.

-       Saat remaja terjadi perubahan psykologis yaitu senang pada lawan jenis
PG




PG



IS




UT
-       Siswa dapat menentukan tujuan manusia berkembang biak


-       (disajikan tabel)Siswa dapat menentukan perkembangan fisik pada pada lansia

-       Siswa dapat menuliskan saat/waktu pertumbuhan manusia yang paling banyak.

-       Siswa  dapat menjelaskan Perubahan psykologis yang terjadi pada masa remaja.


3




18




33



47


1.2. Mendeskripsikan cirri-ciri perkembangan pisik anak laki-laki dan anak perempuan.



Perkembangan fisik anak laki-laki dan anak perempuan.
-       Salah satu perkembangan fisik laki-laki pada masa pubertas adalah tumbuh jakun
-       Salah satu tanda wanita memasuki masa pubertas pinggul melebar.
-       Ciri perkembangan fisik laki-laki jakun,dada bidang,tumbuh kumis.
PG




PG



IS
-       Siswa dapat menentukan perubahan fisik pada anak laki-laki yang pubertas.

-       Siswa dapat menetukan salah satu ciri wanita memasuki masa pubertas.


-       Siswa dapat menuliskan ciri perkembangan fisik anak laki-laki.


4



19





34



1.3. Mengidentifikasikan cara perkembang biakan tumbuhan dan hewan.


Perkembang
biakan hewan dan tumbuhan.




-       Ayam dan burung berkembang biak secara ovivar.

-       Putik merupakan kelamin betina pada bunga.
-       Cacing planaria berkembang biak dengan cara pragmentasi.
PG



PG


IS
-       (disajikan tabel)Siswa dapat menetukan hewan yang berkembang biak secara ovivar.
-       Siswa dapat menentukan alat kelamin betina pada bunga.

-       Siswa dapat menuliskan cara berkembang biak cacing planaria








5



20



35


1.4. Mengidentifikasi cara perkembang biakan manusia.

Perkembang biakan manusia.



-       Kelahiran lebih banyak dari kematian,kepadatan bertambah
-       Urbanisasi menyebabkan kota semakin padat.
-       Transmigrasi salah satu usaha untuk meratakan kepadatan penduduk.
PG



PG


IS
-       Siswa dapat menentukan keadaan penduduk jika kelahiran lebih banyak dari kematian.
-       Siswa dapat menentukan salah satu sebab penduduk kota semakin padat
-       Siswa dapat menuliskan cara pemerataan kepadatan penduduk
6



21


36

3
Memahami pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan.

3.1. Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam(ekosistem)

Aktifitas manusia yang mempengaruhi keseimbangan lingkungan.



-       Salah satu usaha pelestarian hutan dengan reboisasi
-       Karena kurang nya resapan air,maka pada musim hujan terjadi banjir..
-       Akibat pengambilan pasir pantai berlebihan mengakibatkan abrasi
-       Untuk mencegah erosi dengan reboisasi.
PG


PG



IS




UT

-       Siswa dapat menentukan upaya pelestarian sumber daya hutan.
-       Siswa dapat menentukan akibat dari kurang nya resapan air.

-       Siswa dapat menuliskan akibat pengambilan pasir pantai secara berlebihan.


-       Siswa dapat menjelaskan usaha untuk mencegah erosi
7



22



37




48


3.2. Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidak seimbangan lingkungan.


Bagian tumbuhan yang dimanfaatkan oleh manusia.

-       Kulit pohon kayu manis dapat dimanfaatkan oleh manusia.untuk bumbu masak.
-       Yang dapt dibuat dari getah pohon karet adalah ban.
-       Bahan baku janur berasal dari pohon kelapa.
PG




PG


IS
-       Siswa dapat menentukan bagian dari tumbuhan kayu manis yang dimanfaatkan oleh manusia.

-       Siswa dapat menentukan benda yang dapt dibuat dari getah pohon karet.
-       Siswa dapat menuliskan bahan baku membuat janur.

8




23



38


3.3. Mengidentifikasi    bagian
      tubuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidak seimbangan lingkungan.
Bagian tubuh hewan yang dimanfaatkan oleh manusia
-       Gading gajah sering dimanfaatkan oleh manusia
-       Yang dimanfaatkan dari harimau dan ular adalah kulitnya
-       Bahan baku membuat wol adalah biri-biri
PG


PG



IS

-       Siswa dapat menentukan bagian dari tubuh gajah yang sering dimanfaatkan
-       Siswa dapat menentukan bagian dari harimau dan ular yang sering dimanfaatkan oleh manusia.
-       Siswa dapat menuliskan bahan baku pembuat wol
9



24



39
4
 Memahami pentingnya pelestarian jenis mahluk hidup untuk mencegah kepunahan
4.1. Mengidentifikasi jenis hewan dan tumbuhan yang mendekati kepunahan


Hewan dan tumbuhan yang mendekati kepunahan


-       Suaka margasatwa melindungi berbagai jenis hewan liar
-       Taman Nasional berguna untuk mencegah kepunahan hewan dan tumbuhan
-       Anoa adalah hewan langka di Sulawesi yang hampir punah.
-       Komodo dilindungi karna hampir punah
PG



PG



IS


UT


-       Siswa dapat menentukan fungsi dari suaka margastwa.


-       Siswa dapat menentukan guna Taman Nasional


-       Siswa dapat menuliskan hewan langka di Sulawesi

-       Siswa dapat menjelaskan sebab komodo dilindungi.
10



25



40


49


4.2. Mendeskripsikan pentingnya pelestarian jenis mahluk hidup untuk perkembangan ilmu pengetahuan alam dan kehidupan masyarakat
Hewan dan tumbuhan yang mendekati kepunahan


-       Salah satu penyebab hewan terancam.

-       Komodo dilindungi karna hampir punah

-       Taman Nasional berguna untuk mencegah kepunahan hewan dan tumbuhan.

PG


PG



IS
-       Siswa dapat menentukan factor yang menyebabkan hewan terancam punah
-       Siswa dapat menjelaskan sebab komodo dilindungi.

-       Siswa dapat menentukan guna Taman Nasional
11


26


41

5
Memahami saling hubungan antara suhu,sifat hantaran dan kegunaan benda.
5.1. Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda.


kemampuan benda menghantarkan panas.



-       Arti lain dari perpindahan panas adalah perambatan

-       Contoh perpindahan kalor radiasi udara disekitar lampu menyala terasa panas.

-       Kayu pegangan listrik merupakan isolator panas

-       Lapisan kaca dalam termos berfungsi untuk memnatulkan panas.

PG



PG






IS



UT
-       Siswa dapat menentukan arti dari perpindahan panas


-       Siswa dapat menentukan perpindahan kalor secara radiasi



-       Siswa dapat menuliskan benda isolator panas


-       Siswa dapat menjelaskan fungsi lapisan yang terdapat dalam termos.


12




27




42




50



5.2 Menjelaskan alasan pemilihan benda dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kemampuan
Pemilihan dan pemanfaatan benda
-       Sifat karet adalah lentur,kenyal mudah di bentuk.
-       Sifat kaca yang kurang baik adalah mudah pecah
-       Bahan dasar yang mudah menyerap keringat adalah kaos
PG


PG



IS
-       Siswa dapat menentukan sifat suatu benda(karet)

-       Siswa dapat menentukan sifat kaca yang kurang baik

-       Siswa dapat menuliskan bahan dasar yang mudah menyerap keringat
13


28


43
6
Memahami faktor penyebab perubahan benda.

6.1.Menjelaskan faktor-faktor
      penyebab perubahan  tan,    pembusukan)
      melalui pengamatan
Faktor penyebab perubahan benda
-       Faktor penyebab perubahan benda karna berasal dari tumbuhan yang membusuk.
-       Tanah gambut berasal dari pelapukan tumbuhan rawa.
-       Proses penghancuran oleh mahluk hidup/tak hidup adalah pelapukan
PG





PG




IS

-       Siswa dapat menentukan sebab tanah humus menjadi subur.



-       Siswa dapat menentukan asal tanah gambut.


-       Siswa dapat menuliskan proses pelapukan

14





29




44



6.2. Mengidentifikasi   faktor-faktor
       yang menentukan   pemilihan
        benda /bahan untuk  tujuan tertentu (karet,logam,kayu,
        plastic)dalam   kehidupan sehari-hari.



Mengidentifikasi factor yang menentukan pemilihan bahan untuk tujuan tertentu.misalnya: karet,kayu,plastik


-       Bahan yang tepat untuk dibuat jas hujan adalah plastik
-       Logam mudah menghantarkan panas dan listrik.
-       Cara mengatasi karat pada besi dengan cara di cat.


PG



PG


IS

-       Siswa dapat menentukan bahan yang tepat untuk dibuat jas hujan.

-       Siswa dapat menentukan sifat logam

-       Siswa dapat menuliskan cara mengatasi karat pada besi.



15



30


45



                                     








No comments:

Post a Comment

P3K Tahap 3

https://youtu.be/dmcjx-zTSCQ