Daftar Tempat Wisata di Jawa Timur



Daftar Tempat Wisata di Jawa Timur yang Sering Dikunjungi Wisatawan
Tempat Wisata di Jawa TimurProvinsi Jawa Timur merupakan salah satu provinsi yang terbesar di Indonesia. Jawa Timur menjadi pilihan wisatawan dari berbagai wilayah di Indonesia dan juga dari mancanegara. Ada banyak sekali lokasi wisata yang di Jawa Timur yang sangat menarik untuk dikunjungi.
Pilihan wisata yang ada di Jawa Timur pun juga sangat beragam. Kita bisa memilih tempat wisata sesuai harapan. Untuk yang suka dengan wisata sejarah, tempat-tempat seperti Situs Trowulan, Masjid Cheng Ho serta beberapa museum di Malang dan Surabaya bisa menjadi pilihan. Sedangkan untuk yang suka dengan wisata outdoor, gunung-gunung yang ada di Jawa Timur juga selalu siap untuk didaki.
Menentukan tujuan wisata kadang memang cukup bikin pusing apabila akan berwisata dengan banyak orang (rombongan) pasti akan lebih bingung lagi pasti mereka ada yang memiliki ide-ide sendiri.
Jika kalian menentukan tujuan wisata di daerah Jawa Timur berikut ada beberapa ulasan berbagai tepat wisata yang ada di Jawa timur, agar kalian tidak kecewa ditempat yang mungkin tidak sesuai dengan kata hati.
Berikut beberapa tempat wisata di Jawa Timur :

A.      Tempat Wisata Hiburan :
1.      Batu Night Spectacular
Masih dari Kota Batu. Tempat keren lain yang bisa kita kunjungi di sana adalah Batu Night Spectacular atau sering disingkat dengan BNS. Sesuai dengan namanya, tempat ini memang spektakuler. Banyak sekali wahana yang bisa kita coba mulai dari yang biasa-biasa saja sampai yang memicu adrenalin. Mulai dari wahana khusus untuk anak-anak sampai wahana khusus orang dewasa. Lokasinya yang berada di kawasan pegunungan menjadikan BNS sedikit berbeda dengan tempat-tempat lain yang sejenis. Di BNS, kamu bisa seru-seruan sampai puas bersama teman-teman ataupun keluarga.

2.      Eco Green Park
Tempat lain di Kota Batu yang tidak kalah menarik dan membuat banyak orang penasaran adalah Eco Green Park. Tempat ini merupakan perpaduan antara wisata alam, kebudayaan, lingkungan, dan seni. Di Eco Green Park kita tidak hanya akan berwisata namun juga sekaligus belajar. Spot-spot yang ada di Eco Green Park dikelompokkan berdasarkan zona tertentu sesuai dengan kategori. Beberapa zona yang ada di Eco Green Park antara lain Zona Miniatur Candi-Candi Terkenal di Seluruh Jawa, Zona Insectarium, Zona Walking Bird, Zona Jungle Adventure, Zona Animal Farm, Zona Hydroponic, dan beberapa zona lain yang pastinya keren-keren. Eco Green Park dibangun di atas lahan seluas sekitar 5 hektar. Lokasinya bersebalahan dengan dua tempat keren lain di Kota Batu yakni Jatim Park 2 serta Secret Zooo.

3.      Kota Malang
Malang merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang paling menarik untuk dikunjungi. Banyak tempat-tempat keren yang bisa kamu kunjungi di Malang seperti alun-alun, Museum Brawijaya, Museum Bentoel, Monumen Chairil Anwar serta tempat-tempat lain yang tentu saja punya daya tarik tersendiri. Kota Malang sendiri sering dijuluki sebagai Kota Pelajar kedua setelah Jogja karna di kota ini banyak sekali kampus-kampus perguruan tinggi. Malang juga sering disebut sebagai Bandungnya Jawa Timur karna memiliki hawa yang relatif lebih sejuk seperti di Bandung.

4.      Jatim Park 1
Saat ini wahana air ada dimana-mana, banyak tempat yang membangun wahana air untuk melengkapi sektor pariwisata yang ada di daerahnya. Jika di Yogyakarta ada Jogja Bay dan dinobatkan sebagai waterpark terbesar di Indonesia, di Jawa Timur ada Jatim Park. Bagi anda yang berkunjung ke Jawa Timur bersama dengan anak-anak anda jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini.
Jatim Park sendiri adalah taman belajar dan juga tempat rekreasi dimana ada wahana air di dalamnya. Tempat rekreasi di Jatim Park sangat lengkap dan juga besar. Lokasi Jatim Park ada di Kota Baru, Jawa Timur.
Jika ditempuh dari kota Malang, jarak Jatim Park dari kota Malang sekitar 20 km. Ada 36 jenis wahana permainan yang bisa dicoba di sini dan semua permainan tersebut adalah ikonnya dari provinsi Jawa Timur. Tidak hanya itu saja, Jatim Park pernah meraih penghargaan juara pertama sebagai tempat wisata buatan nasional dan menteri pariwisata.

5.      Jatim Park 2
Mengunjungi kota malang belum lengkap rasanya jika belum mengunjungi Jatim Park. Jatim Park yang ada di daerah Malang, Jawa Timur. Di Jawa Timur Park ini anda akan dihadirkan berbagai macam wahana yang mampu membuat anda berdecak kagum. Jatim park ini sendiri terbagi menjadi 2, yaitu Jatim Park 1 dan 2. Jika anda ingin mendapatkan pengalaman yang menakjubkan.
Jatim Park 2 Malang merupakan tujuan asyik untuk liburan keluarga karena menawarkan objek wisata yang unik dan berbagai pengalaman mengesankan sekaligus informatif. Tempat ini berada di kota Batu, Malang dan terdiri dari beberapa pilihan objek wisata seperti Museum Satwa, Batu Secret Zoo dan Eco Green Park. Ketiga area ini memiliki wahana yang berbeda dan juga wahana yang unik.



B.       Tempat Wisata Pegunungan :
1.      Gunung Bromo
Gunung Bromo mungkin adalah tempat wisata paling terkenal di Jawa Timur. Gunung ini memiliki pemandangan yang sangat indah yang membuatnya dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata unggulan oleh pemerintah propinsi Jawa Timur. Gunung Bromo sangat terkenal dengan lautan pasirnya yang sangat luas. Juga kawahnya yang tak kalah keren. Pemandangan kawah Gunung Bromo tidak hanya bisa dinikmati oleh mereka yang punya hobi mendaki gunung. Mereka yang tidak biasa mendaki pun tetap bisa menikmati keindahan kawah Bromo karna sudah disediakan tangga untuk menuju ke bibir bawah. Selain lautan pasir serta kawah, Gunung Bromo juga terkenal memiliki pemandangan sunrise yang menawan. Gunung ini punya tinggi sekitar 2.329 mdpl dan merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

2.      Gunung Semeru
Jika ada gunung yang paling terkenal di Indonesia, maka gunung itu adalah Semeru. Gunung Semeru merupakan gunung yang sangat legendaris. Dari waktu ke waktu gunung ini selalu menjadi salah satu tujuan favorite para pendaki di Indonesia. Gunung Semeru sangat terkenal dengan danau Ranu Kumbolo yang berada di ketinggian 2.400 mdpl. Beberapa pendaki menjadikan Ranu Kumbolo sebagai tujuan akhir pendakian. Beberapa juga melanjutkan perjalanan sampai ke puncak. Keindahan Gunung Semeru telah memberi inspirasi banyak orang untuk menghasilkan karya-karya hebat. Termasuk band yang ngetop pada tahun 90-an hingga awal 2000-an, Dewa 19. Band ini punya sebuah lagu dengan judul Mahameru. Sebuah lagu tentang pendakian Gunung Semeru.

3.      Kawah Ijen
Banyuwangi menjelma menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Jawa Timur. Selain karna memang punya potensi, pemerintah Banyuwangi juga cukup gencar mempromisikan pariwisata yang ada di Banyuwangi melalui beberapa festival yang rutin diadakan setiap tahun. Salah satu tempat menarik yang bisa kita kunjungi di Banyuwangi adalah Kawah Ijen yang berada di Gunung Ijen. Kawah Ijen terkenal karna memiliki pemandangan unik dan langka berupa blue fire yang berasal dari cairan belerang. Belerang yang ada di Kawah Ijen ini ditambang secara tradisional oleh para penambang lokal. Fenomena blue fire ini konon hanya ada dua di dunia. Salah satunya adalah yang ada di Kawah Ijen. Pemandangan blue fire akan terlihat semakin indah pada dini hari.

4.      Goa Gong
Pacitan mendapat julukan sebagai Kota Seribu Goa karna di kabupaten ini banyak sekeli goa. Salah satu goa yang akan kita temui di Pacitan adalah Goa Gong. Goa Gong merupakan goa paling indah sekaligus paling terkenal di Pacitan. Goa ini memiliki pemandangan interior yang begitu memikat berupa ukiran-ukiran alami dalam bentuk stalaktit dan stalakmit. Goa ini sering disebut sebagai goa tercantik di Asia Tenggara. Goa Gong memiliki panjang sekitar 300 meter. Di sepanjang goa ini kita akan disuguhi oleh pemandangan yang begitu memikat. Di dalam goa ini telah dibangun anak tangga yang bisa digunakan para pengunjung untuk menikmati keindahan stalaktit dan stalakmit Goa Gong.

5.      Air Terjun Madakaripura
Air Terjun Madakaripura merupakan air terjun paling megah di Pulau Jawa. Air terjun yang memiliki tinggi sekitar 200 meter ini juga merupakan air terjun paling tinggi yang ada tanah Jawa. Di Indonesia, tinggi air terjun ini berada di urutan kedua setelah Si Gura-gura di Sumatra Utara. Air Terjun Madakaripura berada di sebuah ceruk yang dikelilingi oleh bukit-bukit yang meneteskan air di setiap bidangnya. Lokasi air terjun ini masuk wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru bagian Probolinggo. Di sekitar air terjun ini terdapat sebuah goa yang dipercaya sebagai tempat bersemedi Patih Gajahmada, patih paling terkenal dalam sejarah Kerajaan Majapahit.
6.      Gunung Kelud
Gunung Kelud merupakan salah satu gunung api paling aktif di Indonesia. Meski kecil, gunung ini mampu menimbulkan efek yang cukup besar ketika erupsi. Salah satu contohnya adalah ketika meletus awal tahun 2014 lalu ketika abu vulkaniknya bahkan sampai ke wilayah Jawa Barat. Gunung Kelud merupakan salah satu wisata andalan di Kediri. Seperti Gunung Bromo, untuk menikmati pemandangan indah di Gunung Kelud telah disediakan tangga yang memudahkan para pengunjung. Sebelum meletus pada tahun 2014 lalu Gunung Kelud terkenal dengan kubah lava nya. Meski kubah lava kini sudah tidaka ada lagi, namun keindahan pemandangan di Gunung Kelud tetap tidak hilang.




C.      Tempat Wisata Pantai/ Wisata Bahari :
1.      Pantai Pulau Merah
Salah satu objek wisata paling banyak di Banyuwangi adalah pantai. Mungkin karna lokasinya yang dekat dengan Bali sehingga Banyuwangi juga punya deretan pantai yang tidak kalah indah dengan yang ada di Bali. Salah satu pantai paling terkenal sekaligus paling indah di Banyuwangi adalah Pantai Pulau Merah. Pantai ini memiliki pasir putih kecoklatan yang sangat indah. Di depannya ada sebuah pulau yang semakin mempercantik pemandangan. Pantai Pulau Merah memiliki garis pantai yang cukup panjang. Sekitar 3 km. Deretan payung-payung lengkap dengan kursi santai akan kita jumpai di Pantai Pulau Merah. Lokasi pantai ini berjarak sekitar 60 km dari pusat kota Banyuwangi.

2.      G-Land
Khusus untuk yang hobi surfing, tempat yang satu ini sepertinya harus dijadikan sebagai tujuan utama ketika igin mencoba berselancar di Jawa Timur. Pantai Plengkung atau juga sering disebut dengan G-Land merupakan salah satu pantai terbaik di Jawa Timur untuk surfing. Ombaknya tinggi dan terdiri atas beberapa lapis. Tinggi ombak yang ada di pantai ini bisa mencapai 6 meter. Selain bisa diakses dari Banyuwangi, pantai ini juga bisa diakses dari Bali menggunakan speedboat. Lokasi pantai ini sendiri berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo.

3.      Pantai Papuma
Tidak mau kalah dengan Malang, Pacitan dan Banyuwangi. Jember juga punya deretan pantai-pantai cantik yang mungkin belum diketahui banyak orang. Salah satu pantai cantik yang ada di Jember adalah Pantai Papuma. Pantai ini memiliki air laut yang biru dan dipenuni oleh karang-karang cadas. Dibalik kecantikannya, Pantai Papuma menyimpan banyak sekali mitos. Setidaknya ada 4 mitos yang berkembang di masyarakat sekitar terkait Pantai Papuma. Salah satu mitos tersebut terkait keberadaan sebuah goa yang dipercaya sebagai tempat semedi Kyai Mataram dan tempat bersemayam Dewi Sri Wulan, salah satu putri ratu selatan. Apapun cerita yang ada di Pantai Papuma, satu yang pasti adalah pantai ini memang keren banget.
Di patai Papuma sekarang juga di lengkapi dengan pemandangan yang elok yaitu TELUK LOVE, yang sering juga di kunjungi oleh banyak wisata.

4.      Pantai Tiga Warna
Kembali ke Malang. Semua orang tentu punya versinya sendiri-sendiri untuk menentukan sebuah tempat terindah. Namun, rasanya semua akan setuju untuk menyebut Pantai Tiga Warna sebagai pantai terindah di Malang. Dengan gradasi laut yang begitu menawan, pasir yang putih dan bersih serta ombak yang tenang, menjadikan Pantai Tiga Warna sangat layak untuk disebut sebagai pantai terindah di Malang. Namun, pantai ini tidak bisa dikunjungi begitu saja tanpa persiapan. Pantai Tiga Warna merupakan pantai yang masuk dalam kawasan perlindungan sehingga untuk ke sana harus melalui proses perijinan. Jumlah pengunjung pantai ini juga dibatasi. Birokrasi ini bertujuan untuk melindungi kelestarian Pantai Tiga Warna.

5.      Pulau Tabuhan
Kembali ke Sunrise of Java, Banyuwangi. Salah satu tempat keren di Banyuwangi yang mungkin jarang kamu dengar adalah Pulau Tabuhan. Pulau ini berada di tengah-tengah Selat Bali, sebuah selat yang menjadi pemisah antara Pulau Jawa dan Pulau Bali. Pulau Tabuhan merupakan pulau yang cocok untuk dikunjungi para penggemar wisata bahari. Air laut yang tenang membuat kita bisa bebas bermain air tanpa khawatir akan terbawa ombak. Juga bersnorkeling untuk melihat keindahan bawah lautnya.

6.      Pulau Bawean
Pulau Bawean merupakan sebuah pulau yang berada di sebelah utara Laut Jawa. Pulau ini secara administratif masuk wilayah kabupaten Gresik. Pulau Bawean merupakan sebuah pulau berpenghuni yang memiki potensi wisata yang tak bisa dipandang sebelah mata. Meski begitu, keberadaan pulau ini masih belum terlalu diketahui oleh banyak orang. Namanya juga sedikit asing di telinga sebagian orang. Pulau Bawean memiliki pantai berpasir putih nan indah. Namun, daya tarik utama pulau ini adalah keberadaan jenis rusa langka yang hampir punah yakni rusa bawean. Beberapa spot menarik yang ada di Pulau Bawean antara lain Pulau Noko, Pulau Noko Selayar, Tanjung Gaang, Pantai Ria, Pantai Kuburan Panjang, Danau Kastoba dan Penangkaran Rusa Bawean.

7.      WBL / Wisata Bahari Lamongan
Bermain air di waterpark mungkin sudah biasa. Tapi kalau waterpark nya berada di tepi laut? Wah ini. Pasti keren. Itulah gambaran kecil dari Wisata Bahari Lamongan atau sering disingat dengan WBL. Sejak dibuka tahun 2004 lalu WBL telah menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Jawa Timur. WBL dibangun di sebuah pantai yang dulu bernama Pantai Tanjung Kodok. Lokasi tempat wisata ini berada di jalur Pantura Surabaya – Tuban. Beragam wahana terdapat di WBL. Beberapa wahana unggulan di WBL antara lain adalah Istana Bawah Laut, Gua Insectarium, Space Shuttle, Anjungan Wali Songo, Texas City, Paus Dangdut, Tembak Ikan, Rumah Kaca, serta Istana Bajak Laut.

8.      Pantai Klayar
Meskipun mendapat julukan sebagai Kota Seribu Goa, kenyataannya Pacitan juga punya banyak sekali pantai. Puluhan pantai dapat kita temukan di Pacitan. Dari yang masih anomin sampai yang sudah sangat mainstream. Salah satu pantai di Pacitan yang sudah menjelma menjadi tempat wisata unggulan adalah Pantai Klayar. Pantai ini dianggap sebagai pantai terindah yang ada di Pacitan. Area pantai yang luas, pasir putih serta air laut yang jernih merupakan tiga atribut yang dimiliki oleh Pantai Klayar. Pantai Klayar memiliki ombak yang relatif sedang. Cukup aman untuk bermain-main air namun harus hati-hati. Jika kita berjalan terus menuju ujung timur pantai kita akan menemukan sebuah fenomena unik berupa air mancur alami. Air mancur tersebut berasal dari ombak yang menghantam karang lalu muncul ke permukaan melalui celah-celah karang. Spot ini cukup menarik banyak pengunjung Pantai Klayar.
9.      Pantai Balekambang
Orang-orang menjuluki pantai ini sebagai Tanah Lot nya Malang. Alasannya karna di tempat ini juga ada sebuah pura yang berada di sebuah pulau karang yang berjarak beberapa puluh meter dari bibir pantai. Pulau karang tersebur dipisahkan oleh sebuah jembatan. Pura ini juga masih aktif digunakan untuk bersembahyang umat Hindu. Pantai Balekambang sendiri merupakan salah satu wisata pantai unggulan di Kabupaten Malang. Pantai ini memiliki pasir kecoklatan dengan ombak yang cukup tinggi. Dari sekian banyak pantai yang ada di Malang, pantai ini adalah yang paling ramai. Selain Pantai Sendang Biru.
10.  Telaga Sarangan
Telaga Sarangan juga menjadi salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang sering dikunjungi. Keunikan dari Telaga Sarangan adalah kemurnian dan kealamian dari danau tersebut. Telaga Sarangan adalah danau yang ada di kaki Gunung Lawu Jawa timur.
Gunung Lawu sendiri juga dijadikan sebagai tempat wisata yang ada di Jawa Timur dan sering dijadikan sebagai tujuan tempat pendakian bagi anggota pecinta alam yang ada di pulau Jawa maupun pecinta alam di luar Pulau Jawa.
Luas dari Telaga Srangan adalah 30 hektar, sebaiknya bagi yang membawa anak-anak jangan ke sini sebab tanpa pengawasan orangtuanya anak bisa bermain air di Telaga tersebut. Kedalaman Telaga Sarangan sekitar 28 meter tidak baik untuk lokasi bermain anak-anak. Sebaiknya orangtua yang ingin mengajak anaknya berwisata terutama yang masih duduk di bangku TK memilih tempat wisata yang sesuai dengan usia anaknya.
Untuk sarana wisata yang ada di Telaga Sarangan ini termasuk lengkap mulai dari penginapan, rumah makan maupun restoran, pasar untuk wisara belanja, tempat ibadah dan masih banyak lagi lainnya. Hal yang bisa dilakukan oleh wisatawan di sini adalah mengelilingi telaga menggunakan perahu air dan bahkan memancing pun bisa dilakukan di sini.
11.  Pantai Pasir Putih Situbondo
Di daerah Situbondo ada salah satu pantai yang menjadi tujuan bagi wisatawan yang berkunjung di Jawa Timur pantai itu adalah Pantai Pasir Putih Situbondo. Dinamakan pasir putih sebab di sana pasirnya berwarna putih bukan berwarna cokelat maupun hitam.
Keunikan dari pantai ini adalah dilengkapi dengan koral dengan aneka warna dan ikan yang berkeliaran kesana kemari di terumbu karang. Pemandangan laut pantai ini sangat indah untuk dilihat.
Tidak hanya itu saja, Pantai Pasir Putih Situbondo ini memiliki topografi yang unik. Dilihat dari bentuknya pantai ini sangat unik dikarenakan memiliki bentuk yang melengkung menuju ke bagian laut. Pantai ini berbatasan dengan Selat Madura pada bagian utaranya. Menurut administratif pemerintah Jawa Timur, pantai ini letaknya di Dusun Kembangsambi, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo Jawa Timur.
Di pinggir pantai, ada barisan pepohonan cemara, kelapa serta sederet pohon jati yang semakin menambah nuansa sejuk di tempat itu. Pada bagian hutan yang ada di pesisir pantai ini ada beberapa satwa yang berkeliaran dan bergelantungan di pohon seperti kera hitam. Kera itu sering meminta makanan kepada pengunjung yang masuk ke Pantai ini.
12.  Keindahan Pantai Watu Ulo
Keindahan panorama laut yang jernih yang dihiasi pemandangan karang-karang besar yang terlihat dari pantai tersebut menciptakan pemandangan yang cukup memanjakan, suara gemuruh ombak yang menhantam batu karang juga menciptakan sensasi tersendiri bagi para pengunjungnya, berenang maupun sekedar bermain dipinggiran pantai merupakn aktivitas menarik yang banyak dilakukan para wisatawan, selain menikmati indahnya pemandangan pantai watu ulo pengunjung juga bisa berkeliling pantai dan menyaksikan suatu tempat yang terbilang cukup unik yaitu Goa Jepang, yang lokasi tidak jauh dari area pantai, sesuai dengan namanya goa ini merupakan peninggalan jepang yang dibangun pada saat penjajah puluhan tahun silam. Selain goa jepang ada satu goa lagi yaitu Goa kelelwar yang lokasinya juga searah dengan pantai watu ulo.

13.  Pantai Pancer Puger
Potensi wisata Jember selatan mulai di eksplorasi oleh masyarakat sekitar. salah satunya di Kecamatan Puger Jember. Bukit pasir di pantai pancer puger Jember, dari atas bukit pasir ini wisatawan dapat melihat keindahan pantai pancer,dan lalu lintas perahu nelayan. tak hanya itu pemandangan pulau nusa barong juga dapat dinikmati dari puncak bukit. Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama ibu Ani pernah berkunjung ke Pantai Puger ini.
Bukit pasir adalah sebuah bukit setinggi sepuluh meter dengan luas kurang lebih tiga puluh meter persegi. Lokasi wisata yang baru di buka secara resmi oleh warga setempat, mulai dipercantik oleh kelompok nelayan sekitar.
Bukit pasir yang berlokasi di sebelah utara pantai pancer Desa Puger Kulon Kecamatan Puger, Jember, ini sengaja dipercantik oleh warga nelayan sekitar sebagai destinasi wisata baru di Kecamatan Puger selain pantai pancer puger. Dari atas bukit pasir kita dapat melihat pesona pemandangan pantai pancer, lalu lintas perahu nelayan, suasana tempat pelelangan ikan, bahkan jika beruntung kita dapat menikmati indahnya matahari terbenam secara utuh.
Sejak dibuka tiga minggu lalu, sejumlah wisatawan lokal sekitar wilayah mulai mendatangi bukit pasir ini.


D.      Tempat Wisata Alam dan Taman Nasional:
1.      Taman Nasional Alas Purwo
Selain Taman Nasional Baluran, ada satu lagi taman nasional yang menarik untuk dikunjungi di Banyuwangi. Namanya adalah Taman Nasional Alas Purwo. Sama seperti Baluran, wilayah taman nasional ini juga meliputi perairan dan daratan. Salah satu satu tempat menarik untuk dikunjungi di Alas Purwo adalah G-Land (poin 10). Tempat lainnya yang tidak kalah keren di Alas Purwo adalah Savana Sadangan. Sama seperti Savana Bekol, Sadengan juga menawarkan pemandangan padang rumput luas untuk mengamati binatang-binatang liar. Di Savana Sadengan juga ada gardu pandang yang bisa kita gunakan untuk melihat aktivitas para binatang liar.

2.      Savana Bekol
Tempat ini sering dijuluki sebagai Afrika nya Jawa Timur. Savana Bekol adalah sebuah padang rumput luas yang menjadi tempat pengamatan binatang-binatang liar seperti kerbau liar, rusa, monyet serta berbagai jenis burung. Tempat ini merupakan bagian dari Taman Nasional Baluran yang berada di wilayah Banyuwangi dan Situbondo. Pemandangan di Savana Bekol terlihat semakin indah denga latar belakang Gunung Baluran. Di tempat ini sudah tersedia gardu pandang yang bisa digunakan para pengunjung untuk mengamati binatang-binatang liar. Karna lokasinya yang unik, tempat ini juga sering digunakan untuk keperluan tertentu. Misalnya shooting video klip. Salah satu penyanyi yang menjadikan tempat ini sebagai latar di video klipnya adalah Raisa di lagu Jatuh Hati.

3.      Air Terjun Coban Rondo
Indonesia kaya dengan tempat wisatanya mulai dari air terjun, pantai maupun wisata buatannya. Salah satu air terjun yang ada di Jawa Timur dan bisa dijadikan sebagai tujuan wisata adalah Air Terjun Coban Rondo.
Pemandangan dan udara yang segar di air terjun coban rondo ini membuat para wisatawan berlama-lama di tempat ini. Air terjun yang dingin akan menambah semangat dalam berpetualang. Pengunjung juga akan terkagum-kagum dengan keindahan alam di tempat ini.
Jika kita mendengar namanya, nama tersebut terdengar sangat unik. Dibalik pesonanya, air terjun ini memiliki kisah sedih. Kisah sedih itulah yang dijadikan sebagai nama dari air terjun ini.

4.      Kebun Apel Malang
Salah satu alasan yang mengharuskan ke Jawa Timur dan harus ke Malang adalah Kebun Apel Malang. Kebun Apel Malang adalah salah satu ikon wisata yang ada di Malang. Tempat wisata Kebun Apel Malang tidak hanya menarik untuk wisatawan dari luar daerah saja namun bagi masyarakat Malang pun banyak yang berkunjung dan berwisata ke kebun buah ini. Hal itu dikarenakan pesona dan keunikan dari Kebun Apel Malang ini.
Buah apel adalah buah yang menjadi ikon dari kota Batu. Kebun Apel Malang disebut juga dengan wisata petik apel batu dikarenakan wisatawan bisa memetik buah apel sesuka mereka. Tempat wisata ini juga menyajikan beberapa fasilitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung yang ada di sana diantaranya adalah kebun apel itu sendiri, kebun strawberry dan pengunjung bisa melakukan oubond di sana.
Saat berada di kebun apel pengunjung akan ditemani oleh seorang pemandu agrowisata dan menjelaskan kepada pengunjung bagaimana caranya membudidayakan tanaman terutama membudidayakan pohon dan buah apel. Pemandu wisata juga akan mengajarkan bagaimana caranya merawat pohon apel dengan baik dan benar sampai mengajarkan kepada pengunjung bagaimana caranya memetik apel atau memanen apel dengan baik dan benar.

5.      Taman Nasional Baluran, Situbondo
Taman Nasional Baluran terletak di wilayah Banyuputih, Situbondo dan Wongsorejo, tepatnya di Banyuwangi bagian utara. Taman Nasional Baluran adalah padang savana terluas di pulau Jawa dengan spesies hewan dan tumbuhan yang beragam. Berkunjung ke lokasi ini membuat Anda seoalah berada di Afrika. Itulah mengapa Taman Nasional ini sering disebut sebagai Afrikanya Indonesia.
Di tempat wisata alam di Jawa Timur ini, Anda akan disuguhi pemandangan kawanan hewan yang hidup lepas seperti di Afrika dan juga pemandangan sekitar 444 jenis tumbuhan asli yang khas.

6.       Taman nasional Meru Betiri
Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) yang mempunyai luas wilayah kurang lebih 580 km2, secara administratif  masuk dalam dua kabupaten, yaitu Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember. Namanya diambil dari gunung tertinggi yang terdapat di dalamnya, yaitu Gunung Meru yang memiliki ketinggian 500 mdlp dan Gunung Betiri (1.223 m.
Di sinilah wisatawan dapat menemukan berbagai tanaman langka, seperti bunga Raflesia Zollingeriona, Balanphora Fungosa, bakau, api-api, waru, nyamplung, rengas, dan beberapa jenis tumbuhan obat-obatan. Tak hanya tumbuhan, Anda dapat bertemu berbagai satwa liar yang eksotis, seperti kumbang hitam, kera ekor panjang, ajag, penyu, dan lekang. Satwa langka lain seperti banteng dan rusa itu juga berhabitat di hutan tropis dataran rendah dan berbagi dengan landak, tenggiling, dan kucing hutan. Kabarnya juga masih terdapat sisa-sisa harimau Jawa. Selain itu juga bisa disaksikan banteng, macan tutul, kijang, dan berbagai jenis monyet. Dari jenis burung terdapat burung merak, berbagai elang dan rangkong.
Penyu merupakan satwa khas Meru Betiri. Di sini jenis penyu langka seperti penyu hijau (Chelonia mydas), penyu belimbing (Dermochelys coriacea), penyu lekang (Lepidochelys olivacea), dan penyu sisik (Eretmochelys imbricata) ditangkarkan di Pantai Sukamade, ujung timur Meru Betiri.
Kawasan ini dilestarikan dalam bentuk kawasan lindung sejak 1972. Hingga tahun 1979 telur penyu di Sukamade masih diburu oleh para pengumpulnya. Namun, sekarang pengumpulan, pemindahan anakan, dan penangkapan penyu dilarang keras, karena Penyu hijau termasuk satwa yang dilindungi.


E.       Tempat Wisata Museum :
1.      Situs Trowulan
Indonesia adalah sebuah negara dengan sejarah yang sangat panjang. Sebelum dimulai era kolonial, sejarah Indonesia lebih dulu diisi oleh kerajaan-kerajaan. Salah satu satu kerajaan yang pernah berjaya di Indonesia adalah Kerajaan Majapahit yang berpusat di Jawa Timur. Setelah runtuh, Kerajaan Majapahit menyisakan warisan-warisan yang kini banyak tersebar di beberapa wilayah Jawa Timur. Salah satu tempat dimana banyak terdapat peninggalan Kerajaan Majapahit adalah Situs Trowulan di Mojokerto. Sebagian peninggalan di situs ini berupa bangunan candi yang terbuat dari batu bata merah. Oleh UNESCO, Situs Trowulan dimasukkan sebagai salah satu situs warisan dunia.

2.      Museum Angkut
Salah satu tempat wisata yang saat ini sedang ramai dikunjungi wisatawan, khususnya anak-anak muda, adalah Museum Angkut. Museum unik ini berada di Kota Batu. Banyaknya spot yang Instragramable membuat mereka yang gemar ngeksis di sosmed senang sekali berkunjung ke sini. Selain tentu saja, tempat ini memang cukup menarik. Selain bisa bersenang-senang, di tempat ini kita bisa sekaligus belajar banyak hal yang berkaitan dengan dunia transportasi. Banyak sekali koleksi kendaraan yang ada di Museum Angkut. Mulai dari kendaraan tradisional dari Indonesia sampai kendaraan bermesin yang didatangkan dari luar negeri. Masing-masing kendaraan ditempatkan pada zonanya sendiri-sendiri sehingga para pengunjung akan lebih mudah untuk menemukan apa yang mereka cari.

3.      Masjid Cheng Ho
Sebagai ibukota dari Propinsi Jawa Timur, tentu kurang afdol rasanya kalau tidak menjadikan Surabaya sebagai salah satu tujuan penjelajahan di Jawa Timur. Dari sekian banyak tempat menarik yang ada di Surabya, Masjid Cheng Ho sepertinya bisa kamu masukkan dalam daftar itinerary. Masjid ini adalah salah satu simbol kerukanan umat beragam di Indonesia. Masjid Cheng Ho memiliki casing serupa klenteng yang merupakan tempat ibadah etnis Tiong Hoa sedangkan interiornya hampir sama seperti masjid-masjid pada umumnya yang bernuansa arab. Masjid ini merupakan salah satu bentuk penghargaan kepada Laksamana Cheng Ho, seorang saudagar muslim asal China yang pernah sukses di Indonesia pada abad 15. Masjid ini dibangun pada tahun 2001 bertepatan dengan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Masjid serupa juga dapat kita temui di Palembang, Sumatra Selatan.

4.      Sumenep
Madura merupakan salah satu pulau yang wajib kamu masukkan dalam wish list jika ingin menjelajahi semua tempat di Jawa Timur. Meskipun, saat ini sedang ada wacana pembentukan Propinsi Madura. Madura sendiri lebih kita kenal dengan kuliner sate serta logatnya yang khas. Salah satu kabupaten paling penting di Propinsi Madura adalah Sumenep. Kabupaten ini berada di ujung timur Pulau Madura. Ada banyak tempat yang bisa kamu kunjungi di Sumenep. Termasuk bangunan bersejarah museum dan keraton Sumenep. Dalam catatan sejarah, Kerajaan Sumenep memiliki perananan sangat penting dalam berdirinya Kerajaan Majapahit yang pernah berkuasa di Jawa Timur. Aria Wiraraja (Adipati Sumenep) merupakan sosok yang membantu Raden Wijaya dalam mendirikan Kerajaan Majapahit. Di Sumenep kamu juga bisa berbelanja batik asli Sumenep yakni Batik Tulis Sumenep.

5.      Candi Penataran
Jawa Timur memiliki candi tepatnya di desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten B;itar, Jawa Timur. Karena letaknya di Desa Penataran maka candi itu disebut dengan candi penataran. Lokasi candi ini tepatnya ada di kaki Gunung Kelud. Oleh karena itu hawa dan udara di candi ini sangat sejuk. Anda akan terbebas dari cuaca panas seperti di candi-candi lainnya.
Candi penataran merupakan candi paling besar dan paling dirawat oleh pemerintah Jawa Timur. Candi ini diketemukan pada tahun 1815 dan tidak ada yang mengenalnya sampai tahun 1850.
Penemu kompleks candi ini adalah Sir Thomas Stamford Raffles yang juga menjadi penemu dari Bunga Bangkai yang ada tempat wisata di Jawa Barat   yaitu di Kebun Raya Bogor. Sir Thomas Stamfrd Raffles sendiri adalah Letnan Gubernur Jendral pasukan Inggris yang menjajah Indonesia kala itu.
Sebenarnya sebelum berubah nama menjadi Candi Penataran nama candi ini adalah Candi Palah karena disebut dalam prasasti Palah. Candi ini dibangun pada tahun 1194 oleh raja bernama Syrenggra. Fungsi candi ini pada masa itu ( tahun 1190-1200 ) digunakan sebagai tempat untuk pemujaan agar situasi bisa terkendali dan terhindar dari mara bahaya. Pasalnya saat itu Gunung Kelud sering meletus dan meresahkan warga yang ada di bawah Gunung Kelud tersebut.
6.      Masjid Tiban Turen / Masjid Jin Malang
Masjid Tiban yang berada di daerah Turen kabupaten Malang. Salah satu wisata yang wajib anda kunjungi ketika anda berlibur di Malang. Masjid Tiban atau yang sering di sebut Masjid Jin ini, merupakan salah satu tempat wisata religi yang berlokasi di jalan Kh.wahid hasyim, Gang Anyar Rt 27 Rw 06 Desa Sanarejo Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Setiap hari wisatwan yang datang mencapai ribuan orang. Mereka tak hanya datang dari daerah Jawa Timur ada pewisatawan dari luar jawa. Yang tak lain hanya ingin mengetahui Masjid Ajaib tersebut. Masjid yang di bangun oleh romo KH.Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam pada tahun 1976. Sebenarnya Masjid Tiban itu, adalah sebagian bangunan Pondok Pesantren Syalafiyah Bihaaru Bahri’ Asali Fadlaairil Rahmah, bangunan pondok tersebut memang tergolong unik, antik dan megah. Bangunan yang berasitektur dengan gaya timur tengah ini, berlantai 10 yang hampir di setiap temboknya terdapat ukiran dan kaligrafi arab. di sekeliling ponpes juga terrdapat berbagai bangunan kecil seperti menara yang ada di setiap masjid.
Di dalam masjid ini juga terdapat sebuah aquarium dan perpustakaan yang berisi buku-buku tentang islam. tujuan dari romo kiai ahmad yang mendirikan ponpes ini tak lain untuk di kunjungi semua orang baik umat islam maupun non islam. sementara itu, menurut salah satu petugas informasi, muhammad hafidz, para pengunjungnya setiap hari bisa mencapai ribuan. untuk masuk ke masjid ini tidak di kenakan biaya apapun, parkir saja gratis, hanya saja setiap pengunjung di minta untuk mengambil kartu masuk dan kartu keluanya.


No comments:

Post a Comment

P3K Tahap 3

https://youtu.be/dmcjx-zTSCQ